The Last Airbender - Aang

Selasa, 13 November 2012

Sistem Informasi


Tentang SISTEM
Sistem adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud  menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat."









Sub system dan super system
pengertian subsistem dan supersistem
Subsistem adalah sistem yang ada dalam sistem yang lebih besar. Hal ini berarti bahwa system berada pada beberapa tingkat.
Supersistem adalah jika suatu system merupakan bagian dari system yang lebih besar, maka system yang lebih besar tersebut dinamakan supersistem. Sebagai contoh, internal revenue service adalah sebuah system,namun ia juga merupakan bagian dari system yang lebih besar,yaitu sebuah system federal. Dalam hal ini,pemerintah federal adalah supersistem.
contohnya
mengapa universitas merupakan suatu supersistem dan subsistem.
Dari pengertian subsistem itu sendiri, subsistem merupakan suatu sistem yang berintegrasi didalam sistem yang lain yang lebih besar. Mengapa universitas merupakan suatu subsistem?? Karena Universitas merupakan bagian dari supersistem intansi pendidikan. Dan mengapa universitas merupakan dikatakan juga sebagai supersistem pula?? Karena universitas merupakan supersistem dari subsistem dalam suatu sistem. Subsistem dalam universitas tersebut adalah perpustakaan, laboratorium, seketariat dosen, dsb. karena terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.jadi super sisitem di dalam universitas menurut saya sebuah sistem yang saling bekerjasama antara satu dengannya yang lainya.
Komponen – komponen system informasi
1. komponen input
input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi
2. komponen model
kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang memproses data yang tersimpan di basisdata dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan
3. komponen output
output informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4. komponen teknologi
teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, dan membantu pengendalian sistem.
5. komponen basis data
merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didalam komputer dengan menggunakan software database.
6. komponen kontrol
Pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi.



Klasifikasi atau jenis – jenis system
Sistem memiliki perbedaan antara satu sistem dengan sistem yang lain. Berdasarkan sudut pandangnya, sistem dapat diklasifikasikan sebagai berikut yaitu :

1. Sistem Abstrak
Sistem Abstrak adalah suatu sistem yang berupa pemikiran atau ide yang tidak nampak secara fisik. Misalnya sistemteologi yaitu sistem berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan.
2. Sistem Fisik
Sistem fisik adalah suatu sistem yang secara fisik dapat dilihat. Misalnya sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi dan lain sebagainya.
3. Sistem Alamiah
Sistem alamiah adalah suatu sistem yang terjadi karena proses alam, tidak dibuat oleh manusia. Misalnya sistem perputaran bumi.
4. Sistem Buatan Manusia
Sistem buatan manusia merupakan system yang dirancang manusia. Misalnya sistem komputer dan sistem kendaraan.
5. Sistem Tertentu
Sistem tertentu atau deterministik adalah suatu system yang operasinya dapat diprediksi secara tepat. Misalnya sistem komputer.


Komponen system informasih contohnya
Blok Masukan (Input Block)
Meliputi metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
Blok Model (Model Block)

Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang berfungsi memanipulasi data untuk keluaran tertentu.
Blok Keluaran (Output Block)

Berupa data-data keluaran seperti dokumen output dan informasi yang berkualitas.
Blok Teknologi (Technology Block)

Digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar